Wednesday, May 16, 2012

Dasar Pembuatan Penelitian Metode Kuantitatif


 Dewasa ini mutu dari sebuah universitas atau perguruan tinggi tidaklah dilihat dari sesering apa universitas itu mengadakan sebuah event-event atau seberapa banyak mahasiswa yang sedang belajar didalamnya, melainkan seberapa banyak warga khususnya mahasiswa dari universitas itu yang mampu memberikan kontribusinya dalam bidang keilmuan khususnya dengan membuat sebuah penelitian dan karya tulis bentuk apapun terutama dalam bentuk jurnal yang telah diterbitkan dan setidaknya pada tingkat nasional.
Oleh sebab itu saat ini menteri pendidikan Indonesia telah merencanakan dan akan menetapkan syarat baru tentang syarat kelulusan Sarjana S1, S2 dan S3 yaitu mereka harus memberi kontribusi sebuah jurnal ilmiah setidaknya yang telah berstandar nasional dan telah diterbitkan, sehingga mereka baru bisa lulus dari pendidikan yang ia jalani.
Sebagian besar masalah yang dihadapi oleh para mahasiswa adalah kurangnya pengetahuan dan pengalamanan menulis sebuah karya tulis dan penelitian, semua itu terjadi karena banyak faktor dan yang paling mendasar adalah kurangnya minat baca dari pribadi mahasiswa itu sendiri. Seringkali kesulitan awal yang didapat mahasiswa dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah adalah menentukan tema dari karya tulis tersebut.
Sebetulnya sebuah tema dan judul atau permasalahan itu adalah berasal dari berfikir seseorang yang kemudian ditulis dan menjadi sebuah rumusan masalah, dan yang harus dipahami adalah sebuah tema kuantitatif adalah berangkat dari sebuah teori dan berbeda dengan kualitatif yang berangkat dari sebuah realita.  metode yang sedang populer kali ini adalah metode penelitian kuantitatif, sehingga dalam bentuk penulisannya harus fokus dan berbasis deduktif, dimana setiap penulisan didalamnya harus berawal dari sebuah konsep dan terus meruncing hingga menyentuh pokok permasalahan, disinilah kesalahan yang sering sekali dilakukan oleh mahasiswa.
Setelah rumusan masalah dibuat, selanjutnya adalah menentukan tujuan penelitian yaitu dengan menjawab dari rumusan masalah diatas. Dari sebuah tujuan kita bisa menentukan jenis penelitian apa yang akan kita pakai misalnya saja tujuan dari penelitian adalah menggambarkan sesuatu, sehingga jenis penelitian yang akan kita pakai adalah penelitian deskriptif dengan metode surveinya. mudahnya kita lihat model dari pembuatan penelitian karya tulis kuantitatif berikut :

Itulah gambaran singkat bagaimana cara membuat karya ilmiah dalam bentuk kuantitatif yang mudah, semoga bermanfaat bagi anda, apabila ada kritik dan saran mohon dicantumkan......



sumber : Irwan Noor (FIA UB)

No comments:

Post a Comment