Sunday, February 10, 2013

Metode Penelitian Administrasi Publik


Perbedaan Metodologi dan metode
      Methodology can properly refer to the theoretical analysis of the methods appropriate to a field of study or to the body of methods and principles particular to a branch of knowledge.
      Method a means or manner of procedure, especially a regular and systematic way of accomplishing something
Dengan demikian, metode lebih menunjuk pada cara melakukan penelitian, Dalam bentuk proposal, Metode penelitian biasanya diletakan pada bab III (setelah kajian pustaka), sedangkan metodologinya adalah keseluruhan kegiatan yang dilakukan, semenjak gagasan/ide akan penelitian s/d publikasi hasil penelitian

Yang membedakan penelitian administrasi public dengan penelitian bidang lainnya adalah, focus/kajian utama dari penelitian administrasi publik yang dimulai dari segala fenomena social yang ada di sebuah masyarakat dengan menggunakan perspektif ilmu administrasi public itu sendiri.
Di dalam kegiatan penelitian, secara dikotomi, dapat dibedakan dua pendekatan: kualitatif – kuantitatif. Perbedaan dua pendekatan ini BUKAN hanya pada penggunaan analisis saja, tetapi semenjak dimulai kegiatan penelitian sampai dengan publikasi hasil penelitian.

         Verifikasi (bahasa Inggris: verification) adalah teori filsafat positif logis dalam memilih yang menyatakan bahwa pengalaman adalah satu-satunya  sumber dasar pengetahuan dan dalam analisis logis dapat dilakukan dengan bantuan simbol-simbol logika dengan menggunakan metode untuk  pemecahkan masalah melalui metode verifikasi empirik yaitu bila terdapat sesuatu yang tidak dapat diverifikasi secara empirik maka hasilnya adalah sia-sia
         Falsifikasi. fokus penelitian adalah untuk membuktikan bahwa suatu teori umum adalah salah dengan menyodorkan sebuah bukti  yang membuktikan bahwa ia salah (Karl Popper)





Sumber: Dr. Irwan Noor, MA
(Dosen FIA Universitas Brawijaya Malang)

No comments:

Post a Comment